08
Jan

Memilih Furniture untuk Rumah yang Minimalis

Furniture merupakan komponen penting yang harus ada untuk interior rumah. Furniture berperan penting dalam konsep interior minimalis, karena penggunaan furnitur yang sembarang dan tidak disesuaikan dengan konsep akan membuat tampilan interior menjadi kurang nyaman, terlalu sempit atau bahkan menjadi terlihat berantakan.

Salah satu yang harus menjadi perhatian anda dalam memilih furniture rumah adalah ukuran dan bentuknya. Dalam memilih, haruslah disesuaikan dengan ruangan yang akan dipakai atau ditempatkan. Lakukan pengukuran bila dirasa perlu.

Berikut ini beberapa tips memilih furniture rumah minimalis dengan mudah.

Survei Ruangan

Melakukan survei untuk ruang yang akan diisi dengan furniture merupakan hal mendasar yang perlu dilakukan. Perhatikan warna dinding, luas ruang, tinggi plafon, aksesoris ruang serta hal lain yang akan dipilih, misalnya tema klasik, mediterania, minimalis, tradisional, bali dan sebagainya.

Penataan Ruangan

Seperti konsep rumah minimalis pada umumnya, gunakan furniture minimalis yang terkesan ringan dan kecil. Penyesuaian warna dinding sebaiknya disesuaikan dengan pemilihan furniture. Warna dinding dengan tema bold sebaiknya didukung oleh furniture yang sesuai, begitu juga dengan tema klasik atau etnik. Bila warna tembok berwarna krem, usahakan warna perabot berkisar dalam warna monokrom krem atau yang senada. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan jasa desain interior agar penataan ruangan menjadi semakin maksimal.

Penyesuaian Tema Ruang

Tema ruangan minimalis biasanya serba kayu untuk menimbulkan kesan klasik yang hangat. Selain itu, tema ruangan juga harus disesuaikan dengan karakter diri atau keluarga yang menghuni rumah. Tema desain dengan furniture minimalis akan sangat cocok bagi penghuni yang sibuk, menginginkan kepraktisan dan mobilitas yang tinggi. Furniture kekinian juga dapat dipilih dengan mengikuti gaya terkini. Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah kesesuaiannya dengan kondisi rumah terutama ruangan yang ditempati.

Tema Furnitur Interior

Pemilihan tema furniture sebaiknya anda perhatikan dengan seksama. Umpamanya anda akan menggunakan tema minimalis modern atau klasik, keduanya biasanya menggunakan bahan material kayu sebagai bahan utama. Pemilihan bahan dan warna bahan cukup berpengaruh agar furniture anda dapat terlihat ‘stand out’ di ruangan tersebut. Gunakan warna coklat tua dan sebaiknya gunakan bahan kayu jati atau mahoni agar tahan lama.

Perhatikan Suhu Ruangan

Mengapa suhu ruangan mempengaruhi dalam pemilihan furniture rumah minimalis? Jika ternyata suhu ruangan atau rumah kamu cenderung lembab dan panas, sebaiknya gunakanlah furniture yang menggunakan bahan alumunium atau kaca. Sebaliknya, jika suhu ruangan cenderung dingin karena AC ataupun cuaca, maka sebaiknya pilih yang menggunakan bahan kayu.

Pilih Furniture Berkualitas yang Terjangkau

Furniture yang berkualitas adalah yang berbahan dasar kayu jati dan kayu murni. Akan lebih baik jika memilih furniture dengan didampingi oleh seseorang yang mengerti banyak tentang pilihan furniture. Pilihan yang paling baik adalah barang yang kualitasnya sesuai dengan kebutuhan. Terdapat dua jenis bahan yang umum, yakni kayu solid dan Medium Density Fibreboard (MDF). Kayu solid lebih mahal dari bahan MDF, namun tidak perlu diragukan lagi bahwa kualitasnya lebih terjamin, terutama jenis kayu jati. Karena kayu solid memiliki kisaran harga tinggi, limbah kayu yang dikreasikan sebagai furniture dapat menjadi alternatif untuk penggunaan kursi, meja, rak dan sebagainya. Furniture berbahan MDF memiliki harga yang cukup murah, namun kualitasnya tidak murahan. Meskipun tidak sebagus kayu murni, furniture berbahan MDF lebih bisa diutak-atik karena dapat dibongkar pasang.

Memesan Furniture di Mebel

Memilih seorang tukang untuk mengerjakan aneka furniture di rumah akan menjadikan penataan ruang lebih mudah. Lebih mudah lagi jika tukang kayu diberi contoh gambar atau foto penataan ruangan yang diinginkan serta apa saja jenis furniture yang dibutuhkan. Dengan demikian, budget yang diperlukan untuk menciptakan ruangan-ruangan di rumah minimalis akan semakin rendah. Meskipun membutuhkan biaya tukang, jumlah tersebut tetap akan jauh lebih hemat daripada memilih furniture di toko yang belum tentu sesuai dengan keinginan serta tema ruangan. Karena setiap desain rumah berbeda, membuat template sendiri adalah hal yang sangat menyenangkan.