31
Jan

Tips Agar Pencahayaan di Rumah Semakin Sempurna

Untuk mendapatkan pencahayaan yang baik, Anda dapat memanfaatkan cahaya alami ataupun dengan lampu. Jika Anda memiliki masalah dengan rumah atau ruang yang kurang cahaya, simak tips berikut ini.

Tinjau ulang arsitektur rumah

Mungkin saja arsitektur rumah Anda tidak mendukung untuk menangkap cahaya matahari, misalnya karena menghadap ke barat, dan sebagainya. Anda dapat menambahkan jendela clerestory untuk solusi yang tepat dan hemat.

Jendela kaca ini dapat memasukkan cahaya lebih banyak ke dalam ruang dan menciptakan sirkulasi udara yang lebih baik. Aplikasikan di rumah Anda, terutama jika model rumahnya minimalis.

Periksa landscape rumah

Periksalah landscape di sekitar hunian. Pohon besar di pekarangan rumah bisa saja menghalangi cahaya matahari masuk ke rumah Anda. Tebang pohon-pohon yang sudah terlalu tinggi. Namun tak perlu memangkas sampai habis, cukup sesuaikan dengan kebutuhan pencahayaan rumah saja.

Pilih cat dengan tingkat reflektifitas tinggi

Cat tak hanya berfungsi mempercantik tampilan ruang, namun juga bisa berfungsi untuk merefleksikan cahaya alami. Gunakan cat putih, yang memiliki reflektivitas tinggi yang cocok digunakan di ruang gelap yang tidak mendapat cahaya dengan baik.

Anda juga dapat mengecat kusen jendela dengan warna putih untuk membantu menangkap cahaya matahari.

Pasang lampu gantung

Lampu gantung merupakan solusi tepat untuk menambah pencahayaan di dalam ruangan. Pilih lampu sesuai tema desain interior yang diusung. Jika Anda menyukai interior moderen minimalis, Anda dapat memilih lampu gantung dengan gaya serupa sehingga ruang tetap terlihat harmonis.

Pelajari dari ahlinya

Masalah pencahayaan dalam hunian merupakan hal krusial. Jika Anda merasa kurang memahami, ada baiknya cari bantuan konsultan interior untuk menangani rumah Anda.