02
Feb

Hindari Hal Berikut Ketika Anda Memasang Cermin

Dalam desain interior, cermin adalah salah satu aksesori interior yang memiliki kekuatan magis. Cermin bisa mencerahkan ruangan yang gelap, membuat ruangan kecil terlihat lebih luas, juga bisa menambahkan sentuhan kemewahan.

Namun, dekorasi rumah menggunakan cermin bukanlah hal yang mudah. Memasang cermin adalah sesuatu yang tidak gampang dilakukan. Jika tidak teliti dan tidak memerhatikan beberapa hal yang disarankan dan direkomendasikan ahlinya, dekorasi dengan cermin bisa berujung pada kesalahan dekorasi interior secara keseluruhan.

Dilansir dari realtor, yang mengutip seorang ahli feng shui; Katie Weber, pemilik e-zine Red Lotus Letter, untuk mendapatkan penampilan terbaik sebuah ruangan, Anda bisa coba lakukan beberapa hal berikut saat mencoba mendekorasinya menggunakan cermin.

Jangan letakan cermin menghadap tempat tidur

Ya, cermin bisa membuat ruangan terlihat lebih besar dan menambahkan beberapa kilau ke ruangan yang terlihat “hambar.” Tetapi, tujuan dekorasi kamar tidur adalah untuk mendapatkan tidur yang restoratif, dan cermin, disinyalir bisa menghalangi hal tersebut.

“Karena cermin adalah panel kaca lebar yang mencerminkan apa yang terjadi di suatu tempat, mereka dianggap ‘aktivator’ dan tidak optimal untuk ruangan yang seharusnya digunakan untuk istirahat,” kata Katie Weber seperti dikutip realtor.

Carole Marcotte, seorang desainer di Form & Function di Raleigh, NC juga menyatakan hal senada.

“Tidak hanya cermin di kamar tidur yang berantakan dengan energi, saya rasa saya tidak bisa tidur karena mengetahui benda kaca tajam di atas kepala,” kata Carole.

Sementara menurut Feng Shui, seperti dikutip dari fengshuinexus, konsekuensi dari cermin yang menghadap tempat tidur bisa berakibat pada tiga hal; membawa pihak ketiga ke dalam hubungan Anda, menciptakan insomnia, juga menyebabkan mimpi buruk dan pencurian jiwa.

Jangan letakkan cermin berhadapan langsung dengan pintu depan

Dikutip dari the spruce, menurut feng shui, sangat tidak disarankan untuk menggantung cermin persis berhadapan dengan pintu depan. Alasannya; karena cermin akan mendorong semua energi positif yang akan memasuki rumah.

Ini adalah salah satu fungsi utama cermin – untuk mencerminkan energi kembali, inilah mengapa kita bisa melihat diri kita di cermin. Dalam feng shui, rumah menyerap energi (Chi) melalui pintu depan, mirip dengan wajah manusia yang menyerap nutrisi melalui mulut. Inilah sebabnya mengapa pintu depan sering disebut mulut Chi dalam feng shui.

Hal ini juga dipertegas Weber, menurutnya inilah salah satu pelajaran berharga dari filosofi desain kuno Tiongkok; bahwa jika Anda menggantung cermin di seberang pintu depan Anda, cermin akan mendorong kesempatan dan uang keluar dari pintu. Itu berarti rumah Anda bisa kekurangan pendapatan dan Anda harus bekerja lebih keras lagi, kata Weber.

Jangan menggantung cermin di tempat tinggi

Meski terlihat bagus, menggantung cermin di atas perapian sangat tidak disarankan. Saat cermin ditempatkan di tempat-tempat yang tinggi semacam itu, hal tersebut menyebabkan kehilangan fungsi dan hanya jadi elemen dekoratif biasa saja.

Para desainer menyarankan; lebih baik menggantung sebuah karya seni di atas perapian atau di tempat-tempat yang tinggi, dan jangan cermin.