02
Feb

Menerapkan Digital Printing untuk Interior Rumah

Seiring dengan maraknya teknologi canggih yang semakin mutakhir, media cetak foto tidak hanya sebatas kertas, Anda pun bisa menggunakan papan kayu, tripleks, akrilik, kaca, keramik, kanvas, roller blind , dan lain-lainnya. Menghadirkan berbagai foto pribadi dalam penataan interior akan menciptakan atmosfer ruang yang personal. Berbagai koleksi foto maupun lukisan, menjadi sesuatu yang menarik dan bisa dinikmati di setiap ruangan.

“Tidak ada batasan dalam hal menghias interior rumah, pajangan sederhana berupa frame foto yang diletakkan di atas menja konsol atau frame foto ukuran besar yang dipasang tepat di headboard kamar tidur utama sudah bisa membawa suasana yang lain dan hidup,” kata desainer interior Susan Octari Yawhan.

Bila Anda ingin menghadirkan gambaran berbeda, mungkin digital printing bisa menjadi alternatif yang berbeda. Penggunaan digital printing memang memiliki kreativitas tersendiri dalam hal mengolah hasil dan bisa membuat tampilan interior Anda menjadi tampak berbeda. Foto Anda yang biasanya hanya berada dalam bingkai saja, lewat penggunaan digital printing bisa diekspos dengan sentuhan baru dan menjadi bagian penting dari elemen interior sebuah ruangan.

“Sentuhan digital printing juga bisa dijadikan sebagai pengganti wallpaper, bedanya ada pada gambar yang dihadirkan. Kalau wallpaper tidak memiliki variasi motif yang luas, tapi dengan menggunakan digital printing, sebuah ruangan bisa menjadi bagian penting,” papar Susan.

Digital printing merupakan teknologi cetak foto yang berasal dari Eropa. Teknologi ini mampu menghasilkan cetakan berukuran besar dengan kualitas foto yang berbeda. Anda hanya cukup membawa file digital dalam format JPG atau TIFF yang siap dicetak. Hasil cetakannya memiliki kualitas yang baik. Apalagi jika diaplikasikan di media yang tidak umum seperti kayu dan kaca. “Warna yang dihasilkan pada digital printing bisa tahan terhadap UV karena cat yang digunakan disiapkan untuk bisa diaplikasikan di area outdoor ,” katanya.

Digital printing bisa diaplikasikan di setiap media, asalkan media yang tersedia memiliki permukaan yang rata dan tebalnya tidak melebihi 4 cm. Kapasitas maksimum cetak bisa mencapai 2 x 3 meter. Ukuran ini untuk menghasilkan cetakan tanpa sambungan. Apabila dibuat sambungan, foto akan dicetak terpisah dalam beberapa pecahan seperti membuat puzzle. (koran sindo)