06
Feb

Memilih Warna Lampu yang sesuai dengan Fungsi Ruang

Dalam rumah pasti ada bagian-bagian ruangan yang membutuhkan pencahayaan. Warna pencahayaan setiap ruang berbeda sesuai dengan fungsi ruangannya sendiri. Berikut beberapa tips memilih warna lampu sesua dengan fungsi sebuah ruangan.

  1. Foyer
    Merupakan area penerima tamu; tempat pertama kali tamu menginjakkan kakinya. Karenanya, untuk menambah kesan dan “menyambut tamu” dengan baik, penataan lampu pada foyer juga haruslah cantik. Dianjurkan untuk menggunakan penerangan downlight atau uplight. Adapun selain membuat foyer terlihat lebih terang, penempatan tersebut juga menciptakan kesan “hangat” kepada siapa pun yang berkunjung.
  1. Ruang Tamu
    Pastikan Anda menempatkan lampu berdesain menarik di ruang tamu. Pasalnya, di sanalah “orang luar” akan dijamu dan diterima–sebelum masuk ke hunian Anda. Anda dapat mengaplikasikan general lighting sebagai penerangan utama; lalu variasikan dengan accent lighting pada titik tertentu–seperti halnya lampu spot halogen yang mengarah/diselipkan di sela plafon.
  1. Ruang Keluarga
    Ciptakan suasana ruang keluarga yang lebih hangat dengan pemilihan lampu secara tepat. Pasalnya, di sanalah setiap aktivitas penghuni rumah akan dilakukan. Tentu, untuk menunjang seluruh tujuan tersebut, disarankan untuk memilih lampu yang nyaman untuk mengakomodasi seluruh aktivitas di sana.
    Anda dapat menerapkan general lighting sebagai penerangan utama. Sisanya, cobalah gunakan indirect lighting–dengan posisi tersembunyi di antara dinding dan plafon. Adapun Anda juga boleh lho berkreativitas–misalnya dengan mengaplikasikan lampu tanam yang simpel. Dengan begini, cahaya yang akan dihasilkan lampu jadi merata, sekaligus menimbulkan efek dramatis.
  1. Kamar Mandi
    Kendati tidak digunakan setiap saat, faktanya, kamar mandi merupakan ruang yang penting di dalam hunian Anda. Karenanya, tunjanglah seluruh aktivitas di sana–dengan memilih lampu yang tepat.
    Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan Anda, kamar mandi haruslah punya pencahayaan yang merata. Bagaimana pun, lampu haruslah diletakkan di bagian yang mampu menjangkau seluruh area di kamar mandi. Nah, untuk elemen dekoratif sendiri, Anda dapat menempatkan lampu di sisi cermin atau justru menambahkan kinetic lightingberupa lilin-lilin hias di banyak tempat.
  1. Ruang Makan
    Sama halnya dengan ruang keluarga, di sinilah seluruh anggota keluarga akan berkumpul dan berbincang. Nah, kehangatan obrolan bersama keluarga ini tentu akan semakin bertambah,jika Anda punya lampu yang tepat di ruang makan.
    Dengan menggunakan lampu gantung berkap, Anda bisa meningkatkan fokus ke meja dan kursi makan. Selain itu, jangan lupa terapkan general lighting sebagai cahaya utama yang akan mengakomodasi seluruh aktivitas dalam ruang.
  1. Dapur
    Kita semua tentu tahu, dapur erat kaitannya dengan aktivitas masak-memasak. Serupa laboratorium kecil, di sanalah Anda bisa berkreasi dan membuat hidangan nan lezat bagi para penghuni rumah. Nah, kegiatan ini tentu akan jauh lebih menyenangkan–jika Anda memiliki lampu yang tepat.
    Untuk menunjang fungsi yang satu ini, Anda dapat menggunakan lampu berwarna putih terang yang tidak menyilaukan. Selain mampu menerangi ruang, jenis lampu ini juga mampu mengurangi risiko cedera akibat aktivitas memasak. Adapun untuk menambah nilai estetis ruang, disarankan untuk memasang indirect light di bagian bawah kabinet, atau justru lemari penyimpanan.