07
Feb

Menciptakan Pencahayaan di Rumah Minimalis

Desain pencahayaan ruangan memang memiliki intensitas yang berbeda-beda. Hal ini menuntut Anda untuk teliti dan kreatif dalam menentukan desainnya agar tercipta pencahayaan rumah yang sehat dan indah. Setiap sudut rumah mulai dari teras terdepan hingga kamar mandi belakang perlu diatur pencahayaannya semaksimal mungkin.

Teras

Tempat ini menjadi area pertama yang perlu diperhatikan. Jenis lampu yang sering dipakai untuk pencahayaan teras adalah jenis downlight. Lampu jenis ini akan mengesankan penerimaan yang hangat bagi siapa saja yang berkunjung.

Ruang tamu

Anda bisa membuat pencahayaan yang maksimal di area ini agar suasana obrolan menjadi lebih hangat. Penambahan lampu sorot sebagai aksen aksesoris didalamnya semakin memeriahkan suasana. Lukisan ataupun guci keramik bisa Anda kuatkan karakternya dengan lampu sorot ini.

Ruang keluarga

Ruangan ini biasanya menjadi ruangan faforit berkumpul keluarga, sehingga kesan hangat dan nyaman perlu sekali untuk dimunculkan. Anda bisa memunculkan kesan hangat dengan cara memakai indirect lighting yang tersembunyi di sisi dalam plafon. Penambahan lampu halogen yang bisa diatur intensitas cahayanya juga bisa menjadi solusi lain.

Ruang makan

Lampu gantung biasanya sangat cocok diaplikasikan pada area ini. Sorot lampu gantung yang tepat menimpa meja akan menambah ceria waktu makan Anda bersama anggota keluarga lainnya. Jika Anda pasangan yang baru menikah, penambahan lilin bisa dilakukan agar kesan romantis dapat terwujud.

Dapur

Area faforit para ibu ini memerlukan pencahayaan yang baik agar tidak menggangu aktifitas memasak di dalamnya. Anda bisa memadukan konsep general lighting dengan penambahan lampu pada area splashback untuk memperjelas detail dapur.

Kamar tidur

Setiap orang berbeda dalam mengatur pencahayaan rumah minimalis di area privasi ini, ada yang lebih nyaman temaram ada juga yang lebih senang jika terang benderang. Diminimalis sarankan untuk kamar yang di dalamnya sekaligus dijadikan tempat kerja atur pencahayaan dengan baik agar saat kerja Anda tidak terganggu. Namun, jika hanya dipakai untuk tidur pencahayaan temaram jauh lebih baik.

Kamar mandi

Konsep general lighting sangat cocok untuk area yang satu ini. Saat Anda melakukan aktifitas membersihkan badan maupun aktifitas lainnya di dalm kamar mandi akan sangat terbantu jika kondisi pencahayaannya baik.