10
Feb

Nuansa Alam di Rumah Minimalis Modern

Rumah minimalis modern Anda juga harus hemat energi, menerapkan teknologi ramah lingkungan, dan menerapkan konsep desain interior yang tepat. Kalau tidak, bisa-bisa Anda salah mengartikan konsep green building sebagai bangunan berwarna hijau saja.

Nah, untuk menerapkan desain rumah yang sesuai dengan konsep tersebut, hemat energi, ramah lingkungan, dan tetap nyaman serta indah dipandang, ikuti beberapa tips mudah berikut ini untuk menghadirkan nuansa alam di rumah minimalis modern Anda:

Pilih Warna Hijau Untuk Cat Rumah

Cara paling mudah tentu saja menghadirkan perpaduan warna alam ke rumah minimalis modern Anda. Pilih warna cat rumah yang mengandung warna hijau, mulai dari hijau daun, hijau lemon, hingga hijau pastel. Secara psikologis, warna hijau memang terbukti membawa dampak positif. Riset menunjukkan bahwa warna hijau secara psikologis membantu menciptakan keseimbangan serta memberikan dorongan untuk mencintai dan memelihara diri kita sendiri, orang lain, dan lingkungan. Perpaduan warna hijau dengan warna putih sebagai warna dominan ruangan bisa membantu memberikan kesan lapang, alami, dan dapat membuat mood Anda jadi lebih baik.

Hadirkan Sirkulasi Udara yang Baik

Menghadirkan nuansa alam pada interior rumah minimalis modern harus didukung dengan sirkulasi udara yang lancar dan teknologi ramah lingkungan. Cobalah merancang area terbuka di dalam rumah. Ruang terbuka dalam rumah tidak hanya berguna sebagai tempat masuknya cahaya alami. Anda bisa membuat desain ruang keluarga agar menghadirkan ruang terbuka dan menjadikannya sebagai pojok favorit untuk me time dengan membaca buku atau sekedar bersantai bersama anggota keluarga.

Gunakan Furniture Secukupnya

Nuansa alami akan hadir jika rumah minimalis modern Anda memberikan kesan lapang. Usahakan tidak meletakkan terlalu banyak furniture, cukup satu atau dua buah furniture saja di dalam rumah untuk membawa suasana alami. Pilih furniture minimalis dengan desain yang simpel. Furniture berbahan rotan dapat menjadi pilihan Anda. Celah-celah terbuka pada furniture ini memudahkan sirkulasi udara dari satu ruang ke ruang lain dan membuat rumah minimalis modern Anda makin ramah lingkungan.

Desain Kamar Mandi Dengan Nuansa Alam

Untuk lantai, pilihlah bahan dari batu kali daripada menggunakan keramik di kamar mandi. Desain kamar mandi bernuansa alam juga bisa dihadirkan dengan memasukkan tanaman ke dalam kamar mandi. Tapi ingat, untuk kamar mandi minimalis, sesuaikan ukuran tanaman hias dengan desain dan ukuran kamar mandi. Pilih beberapa jenis tanaman hias atau macam-macam bunga dengan pot yang cantik dan letakkan di sudut ruangan.

Membuang dan Merapikan Barang Bekas

Terkadang secara tidak sadar Anda menyimpan barang bekas di dalam rumah. Akibatnya barang-barang bekas semakin menumpuk dan membuat rumah berantakan. Rumah jadi sesak dan Anda jadi tidak nyaman beristirahat. Hemat energi Anda dengan luangkan waktu sehari untuk menatanya. Simpan dan kategorikan barang sesuai ukuran dan bentuk,lalu simpan di rak yang sesuai. Buang barang yang tidak lagi Anda perlukan.

Masukkan Cahaya Alami yang Lebih Banyak

Cahaya matahari pagi yang masuk melalui jendela dan langsung mengenai Anda dari atas tempat tidur bisa jadi sesuatu yang langka untuk sebagian orang. Padahal cahaya matahari pagi sangat baik untuk kesehatan. Karena itu atur peletakan furniture semaksimal mungkin agar tidak menghalangi cahaya pagi yang masuk ke ruangan. Jika desain rumah minimalis modern Anda tidak memungkinkan untuk mendapatkan banyak cahaya alami, maka sebaiknya Anda mengatur penempatan lampu. Pencahayaan yang tepat bisa mempengaruhi nuansa ruangan. Pengaturan cahaya dan penempatan lampu yang tepat juga akan membuat ruangan terlihat lebih luas.