22
Feb

Fitur-Fitur Pada Downlight

Downlight merupakan satu unit perangkat yang terdiri dari beberapa bagian. Tiga bagian utama yang harus ada di dalamnya adalah fitting lampu, rangka penampang (bracket) dan mangkuk cermin. Entah apa istilah resmi dari ketiga unit itu, saya belum mengetahui dengan pasti. Mangkuk cermin ini memegang peran terpenting dari keseluruhan unit untuk meningkatkan intensitas cahaya di bagian bawah ruangan. Fungsi mangkuk ini adalah memantulkan cahaya yang dihasilkan lampu. Semakin bening permukaan mangkuk tersebut, pantulan cahaya yang dihasilkan semakin mendekati tingkat intensitas lampu sebenarnya.

Fitur (mangkuk cermin) ini menjadikan pemakaian downlight sangat efektif untuk mengefisiensikan pemakaian listrik untuk penerangan dalam ruangan, karena tidak diperlukan tambahan apapun untuk meningkatkan intensitas cahaya lampu hingga area bagian bawah ruangan. Cukup hanya dengan satu unit rumah lampu saja.

Mengefisiensikan Lampu PeneranganKerumitan memakai downlight adalah saat pemasangannya. Anda harus membuat lubang di langit-langit rumah sesuai ukuran diameter lingkaran downlight. Pekerjaan tersebut harus direncanakan dengan matang sebelum dikerjakan. Karena jika terjadi kesalahan (baik posisi maupun ukuran lubang), maka tidak dapat ditutup lagi.

Secara perawatan, downlight tidak memerlukan biaya yang besar. Kita hanya perlu membersihkan mangkuk cermin secara berkala agar permukaan mangkuk tetap terjaga kejernihannya untuk memantulkan cahaya lampu.

Baca Juga : Lampu Downlight, Cara Rumah Terlihat Lapang