22
Feb

Ketahui Lebih Banyak Tentang Desain Mezzanine

Mezzanine dari bahasa Italia (mezzano) yang memiliki arti, tengah. Umumnya merupakan lantai tambahan yang berada di tengah-tengah antara lantai dan atap rumah. Salah satu alasan teknik mezzanine menjadi banyak diminati adalah karena proses pengaplikasiannya yang tidak mengharuskan pemilik rumah merombak total bangunan rumah. Jika Kamu tertarik menerapkan konsep mezzanine untuk memperluas ruangan di dalam rumah, berikut beberapa faktanya.

Tidak Full Ruangan

Mengingat konsep mezzanine yang merupakan lantai tambahan dalam rumah, maka lantai tambahan tersebut tidaklah seluas lantai asli pada bangunan rumah tersebut. Umumnya mezzanine merupakan sebuah lantai tambahan yang tak terlalu luas, yang dapat difungsikan sebagai ruang tambahan agar tidak membuat penuh rumah yang berukuran kecil.

Material Rumah Merupakan Elemen Penting

Karena rumah akan diberi lantai tambahan, maka Kamu perlu memastikan material yang digunakan untuk membuat rumah tersebut kuat menahan beban tambahan dari lantai mezzanine. Bahan yang akan digunakan untuk membuat mezzanine pun tak boleh sembarangan ya. Karena sifatnya yang terkesan semi permanen, maka biasanya lantai mezzanine  dibuat dari bahan kayu, baja ringan atau beton ringan.

Ketinggian Rumah Wajib Jadi Perhatian

Untuk mempermudah pembuatan lantai mezzanine, ketinggian lantai dan atap rumah menjadi faktor penting yang wajib diperhatikan. Pasalnya, lantai mezzanine baru bisa diterapkan pada rumah yang memiliki jarak ketinggian lantai dan atap minimal 5 meter. Maka semakin tinggi jarak tersebut, akan semakin baik dan mempermudah pula proses pembuatan lantai mezzanine. Jarak antara lantai mezzanine dengan atap pun tak boleh diabaikan ya, Kamu. Mengingat jika jaraknya terlalu dekat, akan membuat kepala terbentur atap saat berdiri.

Dengan beberapa fakta mengenai desain interior mezzanine tersebut, semoga dapat membantu Kamu yang ingin mengaplikasikan konsep tersebut di rumah ya.