25
Apr

Cara Mudah Merawat Lantai Kayu

Lantai kayu sering digunakan untuk memberikan kesan sejuk, asri, alami, dan elegant pada sebuah bangunan rumah seperti joglo atau rumah – rumah unik lainnya. Banyak orang pasti beranggapan merawat lantai kayu sangat sulit atau gampang keropos, sehingga kebanyakan orang lebih memilih untuk menggunakan lantai keramik atau granat. lantai kayu memiliki sifat mudah lembab dan lebih menyerap air sehingga debu dan kotoran lebih susah dibersihkan. Hal lain yang menyebabkan lantai kayu rusak adalah kondisi cuaca di dalam ruangan rumah, aktivitas yang dilakukan, dan cara merawat serta membersihkan yang salah. Nah berikut ini adalah cara merawat lantai kayu yang sederhana :

1. Menyapu  secara rutin
Karena lebih mudah menyerap air dan kotoran, pastikan untuk menyapu lantai parket secara rutin agar debu dan kotoran tidak menempel terlalu lama dan akhirnya menumpuk pada lantai kayu Anda. Gunakan sapu dengan bulu yang lembut atau gunakan penyedot debu (vacuum cleaner).

2. Pel lantai
Setelah menyapu lantai, lanjutkan dengan mengepel. Sebelumnya, pastikan apakah kayu nya memiliki lapisan atau tidak. Lapisan ini bisa berupa lapisan pernis atau lilin.
Jika lantai kayu memiliki lapisan anti air, campurkan pembersih lantai kayu dengan air hangat. Pilih pembersih yang memiliki kualitas baik. Masukkan kain pel dan peras hingga sisa air hanya sedikit. Pel lantai dengan gerakan memutar, lalu keringkan dengan kain bersih.
Jika tidak memiliki lapisan anti air, campurkan pembersih lantai kayu dengan sedikit air, lalu oleskan pada lantai kayu. Setelah itu, keringkan hingga benar-benar kering agar lantai tidak cepat rusak.

3. Memilih kain pel dengan bahan yang benar
Untuk menjaga keawetan lantai kayu, pilih kain pel yang menggunakan bahan katun dengan kualitas baik. Saat mengepel, peras kain pel dengan kuat, jangan sampai kain terlalu basah.

4. Pel dua kali

Setelah menggunakan pel yang lembab atau sedikit basah, gunakan pel dengan kain kering yang bersih. Pilihlah kain pel dari bahan katun yang memiliki kualitas baik. Saat mengepel, peras kuat-kuat kain pel Anda, jangan sampai kain pel terlalu basah. Sebaiknya pengepelan dilakukan dua kali, yang pertama di pel menggunakan kain lembab atau sedikit basah, dan yang kedua pel dengan menggunakan kain kering yang bersih.

SQUBIC  MEUBEL & INTERIOR – INTERIOR DESIGN | LIGHTING DESIGN | INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET DI JOGJA | FURNITURE JOGJA Kami Team Squbic memberikan solusi dan masukan yang sesuai dengan konsep klien. Gunakan jasa kami dengan KLIK DISINI. Hubungi Kami di  081999960900 / 089530868777 | email : info@squbic.co.id