29
Jun

Ciri – Ciri Rumah Sehat

Ciri – Ciri Rumah Sehat

Kesehatan manusia dipengaruhi oleh keadaan disekitar kita. Jika lingkungan kita sehat dan bersih maka akan tercipta juga kesehatan yang bagus. Nah apakah rumah Anda sudah bersih? Yuk cek kesehatan rumah Anda, Berikut adalah beberapa ciri – ciri rumah sehat.

 

1. Tidak terbuat dari bahan berbahaya

 Rumah by студия визуализации и дизайна интерьера '3dm2'

Ciri rumah sehat yang paling penting adalah rumah tidak terbuat dari bahan yang melepaskan zat-zat berbahaya bagi kesehatan. Rumah bisa dikategorikan sehat jika mengandung timah hitam tidak lebih dari 300 mg/kg, debu total tidak lebih dari 150 µgm3, dan asbes bebas tidak melebihi 0,5 fiber/m3/4 jam.

2. Tidak ada genangan air

 Taman by Gartenarchitekturbüro Timm

Usahakan agar tidak ada air jernih yang tak mengalir di halaman Anda. Genangan air bisa menjadi sarang nyamuk demam berdarah dan malaria. Pelihara ikan dalam kolam bisa membantu Anda membasmi jentik-jentik nyamuk, karena ikan akan memakan larva atau telur nyamuk di air jernih. Ganti air dalam pot atau jambangan berisi tanaman air secara teratur.

3. Kamar tidur tidak gelap di siang hari

 Kamar Tidur by TÉRREO arquitetos

Kurang terpapar cahaya menyebabkan gangguan konsentrasi. Di pagi dan siang hari sinar matahari harus dapat masuk ke kamar tidur. Ini akan membantu kita bangun pagi dan membantu melancarkan kinerja otak serta metabolisme tubuh.

4. Dapur bersih dan bebas tikus

 Dapur by Hugh Jefferson Randolph Architects

Seindah apapun rumah kita akan sia-sia jika dapur tidak bersih. Saluran limbah air tidak boleh tersumbat dan menimbulkan bau. Busa atau spons pencuci piring dan kain lap harus sering diganti atau dicuci, karena di situlah segala kuman bersarang. Dapur sebaiknya memiliki penyedot asap agar udara di rumah tetap bersih.

5. Berventilasi

 Dinding by HYLA Architects

Luas total ventilasi ideal setidaknya 10 persen dari total luas lantai pada masing-masing ruangan. Baik kamar tidur, ruang keluarga, dapur, ruang keluarga, kamar tidur, bahkan gudang harus memiliki ventilasi. 

6. Televisi berada di ruangan yang cukup cahaya

 Ruang Keluarga by Dröm Living

Televisi LED memang diciptakan agar lebih hemat listrik, memiliki kualitas gambar yang lebih baik daripada televisi LCD dan televisi tabung, dan ramah lingkungan. Namun televisi LED tetap memancarkan radiasi, meski intensitasnya lebih sedikit daripada televisi LCD dan televisi tabung. Selain itu, menonton televisi terlalu lama bisa membuat otot mata tegang, leher dan bahu pegal-pegal, serta merusak mata. Jarak sofa dengan televisi LED sebaiknya tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh.. Jika ruangan cukup terang, otot mata juga tidak bekerja terlalu keras ketika Anda menonton televisi.

7. Memiliki tempat penyimpanan makanan yang bersih

 Dapur by Elfa Deutschland GmbH

Tempat penyimpanan makanan harus bersih dan higienis. Lemari dapur harus tertutup rapat dan tidak mudah dijelajahi binatang seperti tikus, kecoa, atau semut.

8. Kamar mandi kedap air

 Kamar Mandi by 青瓷設計工程有限公司

Dinding dan lantai kamar mandi harus berlapis bahan yang kedap air dan mudah dibersihkan. Saluran pembuangan air dari kamar mandi juga harus dirancang agar tidak mencemari sumber air (sumur) dan permukaan tanah.

9. Langit-langit bersih dan aman

 Ruang Keluarga by Meero

Plafon rumah sebaiknya terbuat dari bahan yang kokoh dan strukturnya tidak rumit agar mudah dibersihkan.

10. Cukup air

 Taman by NOD GARDEN

SQUBIC  MEUBEL & INTERIOR – INTERIOR DESIGN | LIGHTING DESIGN | INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET DI JOGJA | FURNITURE JOGJA Kami Team Squbic memberikan solusi dan masukan yang sesuai dengan konsep klien. Gunakan jasa kami dengan KLIK DISINI. Hubungi Kami di  081999960900 / 089530868777 | email : info@squbic.co.id