30
Jul

Kesalahan Penataan Lampu Ruangan

KESALAHAN PENATAAN LAMPU RUANGAN

Kesalahan Penataan Lampu Ruangan – fungsi lampu pada ruangan rumah adalah memberikan cahaya ketika ruangan rumah Anda sedang minim cahaya. Akan tetapi dalam penataan lampu ruangan ini sering dilakukan dengan asal-asalan, asal ruangan tersinari udah selesai. Tahukah Anda, hal tersebut adalah salah. Lantas apa saja kesalahan lain dalam penataan lampu ruangan lainnya?

Memasang Lampu Tersembunyi

Kesan minimalis adalah hal yang ingin disampaikan ketika seseorang memasang lampu tersembunyi di rumahnya. Namun, bukan berarti setiap ruangan cocok untuk diaplikasikan jenis lampu ini. Faktanya, lampu tersembunyi juga perlu dipadankan dengan lampu terbuka agar pencahayaan menjadi lebih maksimal.

Dilansir dari situs Houzz.com, lampu tersembunyi sebenarnya cocok untuk diletakkan di ruang vertikal atau memanjang. Jika ingin memasang di ruang tamu yang melebar, sebaiknya kombinasikan pula dengan lampu terbuka. Tak hanya itu, lampu tersembunyi sebenarnya juga membuat listrik lebih mahal, karena pencahayaan tidak terpancar dengan maksimal. Banyak daya listrik yang terbuang percuma.

Melupakan Task Light

Task light merupakan lampu yang difokuskan pada area tertentu. Biasanya, task light dapat berbentu lampu meja, standing lamp, hingga lampu gantung. Banyak orang yang tidak mengaggap bahwa pencahayaan dengan task light penting dan hanya mengandalkan lampu utama. Padahal, pencahayaan terfokus ini dapat membantu Anda untuk memberi fokus pada ruangan, sekaligus memberikan ‘peran utama’ pada bagian dalam ruangan.

Jadi, tak hanya meja kerja dan belajar saja yang membutuhkannya. Dapur atau ruang makan, ruang tidur, bahkan kamar mandi pun sebenarnya membutuhkan task light untuk semakin menonjolkan ruangan dan tidak membuatnya hampa. Pemilihan cahaya pun harus dilakukan dengan tepat, agar tidak terlihat berlebihan.

Hanya Memasang Lampu Atas di Ruang Dandan

Pada ruangan mana biasanya Anda menggunakan makeup, kamar mandi atau kamar tidur? Banyak orang tidak memasang lampu pada sisi kanan dan kiri cermin sehingga bayangan yang tercipta justru lebih besar. Hasilnya, Anda tak bisa dengan jelas melihat hasil makeup dengan sempurna, karena tertutupi oleh bayangan pada wajah.

Untuk itu, Anda perlu memasang lampu yang sejajar dengan mata saat mengenakan makeup. Jadi jika Anda biasa memulas wajah sambil duduk, maka posisi lampu setinggi mata dan diletakkan pada sisi-sisi cermin. Hal ini dapat meminimalisir bayangan yang menutupi area wajah, sehingga hasil makeup Anda lebih maksimal dan merata.

Memasang Lampu Lorong Tanpa ‘Pendamping’

Apakah rumah Anda memiliki bagian lorong? Jika ya, biasanya penerangan di area tersebut hanya fokus pada jalur tengah sisi langit-langit yang dipasang berbaris. Lampu redup di bagian samping—dimming—pada bagian lorong adalah hal yang sebenarnya sangat krusial. Selain dapat memberi kesan hangat, lorong juga tidak terlihat sempit.

Oleh karena itu, berilah lampu neon atau LED di bagian tengah langit-langit lorong dan tambahkan lampu kuning yang lebih redup di sisi-sisinya. Kesan seram dan sempit pun akan terminimalisir dengan adanya teknik ini pada lorong hunian Anda.

Mementingkan Dekorasi

Banyak desainer interior yang justru fokus pada keselarasan dekorasi dan bentuk lampu ketimbang pencahayaan. Padahal seharusnya, hal utama adalah kualitas dari warna pencahayaan dalam sebuah ruangan. Tak hanya itu, pencahayaan berlebih seringkali juga terjadi akibat keegoisan penata ruang untuk memberikan ornamen tertentu pada ruangan.

Sebaiknya, pertimbangkan lagi mengenai kebutuhan dari lampu tersebut dalam ruangan. Pencahayaan yang pas, tak berlebih, akan membuat ruangan nampak luas dan tentunya energi yang lebih hemat penggunaannya.

SQUBIC  MEUBEL & INTERIOR – INTERIOR DESIGN | LIGHTING DESIGN | INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET DI JOGJA | FURNITURE JOGJA  Kami Team Squbic memberikan solusi dan masukan yang sesuai dengan konsep klien. Gunakan jasa kami dengan KLIK DISINI. Hubungi Kami di  081999960900 / 089530868777 | email : info@squbic.co.id