31
Jul

Perhatikan Ini Saat Memilih Pintu Rumah

PERHATIKAN INI SAAT MEMILIH PINTU RUMAH

Perhatikan Ini Saat Memilih Pintu Rumah – Pintu rumah merupakan salah satu komponen rumah yang tidak kalah pentingnya. Pintu ini berfungsi untuk penghubung atau pemisah antara ruangan yang ada di dalam rumah. Nah bagi Anda yang sedang membangun rumah, atau akan mengganti pintu rumah, sebaiknya perhatikan poin-poin ini saat memilih pintu rumah.

Cara Memilih Pintu Rumah

Begitu banyaknya jenis dan bentuk pintu rumah, kejelian dan kreativitas Anda dituntut dalam memilihnya sesuai penempatan dan fungsi ruangan yang akan diberi pintu.  Berikut ini beberapa Tips Memilih Pintu Rumah yang harus Anda perhatikan:

Keamanan

sudah selayaknya pintu yang dipasang itu haruslah memiliki kekuatan yang cukup untuk melindungi seluruh barang ataupun seluruh isi yang ada didalam rumah tersebut dari hal negatif yang mungkin saja terjadi. Karena salah satu fungsi pintu adalah sebagai jalan untuk keluar masuk bangunan rumah itu sendiri.

Pemilihan kekuatan pintu yang paling umum dilakukan itu adalah berdasarkan fungsi pintu yang sesuai letak penempatannya pada rumah tersebut. seperti halnya pintu depan rumah yang merupakan pintu utama yang harus dipilih dari bahan yang kuat atau dari bahan yang tidak mudah untuk dijebol.

Penampilan atau keindahan

Pintu merupakan salah satu bagian rumah yang secara langsung bisa memberikan dampak terhadap nilai keindahan dari sebuah rumah. Pastikan corak dan motif serta warna pintu rumahcocok dengan konsep desain rumah itu sendiri. Misalnya anda memilih desain rumah klasik lalu diberikan pintu minimalis modern, tentunya ini akan tidak cocok.  Bila konsep rumah dengan gaya etnik, bisa menggunakan pintu berukir sebagai pintu utama rumah Anda.

Ketahanan

Setiap jenis kayu akan memiliki karakteristik yang berbeda-beda baik itu dari segi ketahanan , kelenturan, kekerasan maupun teksturnya. Selain itu satu hal yang paling penting yaitu tingkat kadar air atau kekeringan kayu pada pintu tersebut. Bahan kayu yang baik untuk dijadikan pintu adalah kayu jati, kayu merbau, kayu kamper atau kayu meranti.

Sirkulasi udara

Kriteria berikutnya dari pintu rumah yang baik adalah mendukung sirkulasi udara antar ruangan. Sebaiknya penempatan pintu rumahdisesuaikan arah dengan sirkulasi udara agar udara dapat mengalir dari luar ke dalam rumah, juga sebaliknya.

Bila anda ingin cahaya alami ke sebuah ruangan (terutama pada pintu luar), pintu berelemen kaca menjadi pilihan tepat. Anda bisa menambahkan gorden untuk memperindah pintu tersebut sekaligus berfungsi untuk meredam panasnya sinar matahari dari luar.

SQUBIC  MEUBEL & INTERIOR – INTERIOR DESIGN | LIGHTING DESIGN | INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET DI JOGJA | FURNITURE JOGJA  Kami Team Squbic memberikan solusi dan masukan yang sesuai dengan konsep klien. Gunakan jasa kami dengan KLIK DISINI. Hubungi Kami di  081999960900 / 089530868777 | email : info@squbic.co.id