07
Aug

Tips Menentukan Tirai Rumah

TIPS MENENTUKAN TIRAI RUMAH

Tips Menentukan Tirai Rumah – Seperti yang kita ketahui bahwa cahaya yang masuk di dalam rumah adalah bagus untuk kesehatan rumah Anda. Akan tetapi jika cahaya matahari masuk ke dalam rumah tanpa di kontrol juga tidak baik. Maka dari itu diperlukan tirai jendela yang berperan untuk mengontrol temperatur di dalamnya. Nah berikut ini adalah beberapa tips menentukan tirai rumah.

Tirai Jendela Dengan Ukuran Jendela

Tirai Jendela Untuk Berbagai Ukuran Jendela

Agar desain tirai jendela sesuai dengan apa yang kamu inginkan, sebaiknya kamu memilih tirai jendela kustom dan disesuaikan ukurannya daripada memakai tirai jendela yang siap pakai.

Lebar tirai jendela dibuat melebihi ukuran jendela, sedangkan panjang disesuaikan dengan konsep desain di ruangan yang diinginkan. Jangan sampai tirai jendela menghalangi lubang ventilasi udara yang biasanya terletak di bagian atas jendela, ya.

2. Sesuaikan Model Tirai Jendela dengan Bentuk Jendela yang Ada

Sesuaikan Model Tirai Jendela dengan Bentuk Jendela yang Ada

Model tirai jendela yang kamu pilih sangat mempengaruhi tampilan akhir jendela ruangan secara keseluruhan. Bentuk jendela yang melengkung lebih cocok menggunakan tirai jendela dengan pengikat yang membuka di tengah dan model tirai jendela vitrase akan sangat cocok digunakan pada jendela-jendela minimalis yang lebar. Begitupun dengan model tirai jendela yang berbahan tebal akan menjutai dan terlipat dengan elegan apabila dipasang pada jendela yang  memanjang vertikal.

3. Pilih Warna Tirai Jendela yang Berbeda dengan Warna Cat Dinding

Warna Tirai Jendela

Jika ingin menjadikan tirai jendela menjadi bagian dari point of interest ruangan, sebaiknya kamu menggunakan perpaduan warna tirai jendela yang berbeda dengan warna cat rumah yang dipilih. Kamu bisa memilih warna padanan yang masih satu shade dengan warna cat dinding. Suasana juga akan langsung terasa berbeda dengan paduan warna yang kontras antara tirai jendela, cat dinding, dan furnitur utama ruangan.

Warna Tirai Jendela

Apabila kamu menggunakan wall covering atau wallpaper, pilihlah warna tirai jendela yang netral atau tanpa corak untuk menyeimbangkan kombinasi aksen di ruangan.

4. Pilih Bahan Tirai Jendela yang Sesuai dengan Kebutuhan Ruang

Bahan Tirai Jendela

Variasi dari tirai jendela terbuat dari bahan alami seperti linen, sutra, dan kapas, ada pun tirai jendela yang terbuat dari bahan sintesis. Masing-masing bahan memberikan pengaruh yang berbeda terhadap ruangan. Tirai jendela berbahan beludru akan memberikan kesan elegan yang menawan. Bahan-bahan katun yang ringan ataupun sutra akan memberikan efek clean look pada ruangan.

Bahan Tirai Jendela

Namun, yang terpenting adalah bahan tirai jendela yang kamu pilih bisa memaksimalkan cahaya yang masuk pada siang hari dan memberikan privasi atau keamanan yang cukup pada malam hari. Untuk hal ini, kamu bisa mengkombinasikan penggunaan bahan tirai jendela tersebut. Pasang tirai jendela yang lebih tipis pada bagian dalam dan tirai jendela yang lebih tebal di luarnya.

5. Sesuaikan Corak dan Tekstur Tirai Jendela dengan Desain Ruangan

Corak Tirai Jendela

Karena pemasangan tirai jendela juga merupakan bagian dari finishing ruangan, corak dan tekstur dari tirai jendela bisa menjadi detail untuk konsep desain ruangan. Kamu bisa memadukan corak tersebut dengan warna furnitur utama atau dengan corak yang sama pada salah satu elemen dekorasi, seperti taplak meja. Dalam penerapannya corak dan tekstur pada tirai jendela bisa mendatangkan kesan lapang ataupun sebaliknya. Jika terlalu banyak aksen, ruangan akan terasa penuh dan mengganggu.

Corak Tirai Jendela

SQUBIC  MEUBEL & INTERIOR – INTERIOR DESIGN | LIGHTING DESIGN | INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET DI JOGJA | FURNITURE JOGJA  Kami Team Squbic memberikan solusi dan masukan yang sesuai dengan konsep klien. Gunakan jasa kami dengan KLIK DISINI. Hubungi Kami di  081999960900 / 089530868777 | email : info@squbic.co.id