16
Aug

Mengenal Macam Lampu Hias

MENGENAL MACAM LAMPU HIAS

Mengenal Macam Lampu Hias – Seiring perkembangan jaman, kini lampu tidak hanya sebagai alat penerangan saja, lampu juga bisa menambah nilai artistik hunian. Lampu ini lebih kita kenal sebagai lampu hias. Lampu hias ini juga terdiri dari beberapa macam.

Macam-macam Lampu Hias

Sebenarnya lampu interior hias sudah dikenal sejak zaman listrik belum ada. Hanya, medianya bukan bohlam, melainkan menggunakan lilin. Jadi, kebutuhan akan penerangan yang indah sudah ada sejak listrik belum ada. Memilih lampu hias yang tepat untuk diaplikasikan ke dalam satu ruangan tidaklah mudah.

Ada hal yang membedakan antara penerapan lampu yang digunakan sebagai penerang biasa dan lampu yang dijadikan aksesori di dalam desain interior rumah. Lampu biasa gunanya hanya untuk penerangan. Sementara lampu dekoratif memiliki fungsi ganda, salah satunya sebagai penerang, tapi juga bisa dijadikan alat dekorasi yang menciptakan moodatau ambience dalam ruangan tersebut.

Anda pun harus cermat menentukan model lampu hias yang hendak digunakan. Jangan sampai cahaya dari lampu tersebut merusak suasana yang ada di dalam ruangan.

Untuk menghindari tampilan ruang yang bernuansa lebih terang atau bahkan temaram, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Misalnya, sesuaikan terlebih dahulu antara model lampu dan gaya serta desain interior ruangan, seperti luas ruang, cat dinding, furniture, dan nuansa yang ingin dihadirkan. Sebaiknya dalam memilih lampu hias minimalis disesuaikan dengan kebutuhan dan desain rumah. Selain itu, kita juga harus memperhatikan ruang apa yang memerlukan tambahan penerangan dan efek suasana apa yang diinginkan dari ruang tersebut.

Biasanya, ruangan yang selalu membutuhkan kehadiran lampu pajangan untuk menambah kesan adalah ruang tamu dan ruang keluarga. Sebagai salah satu tempat public service, ruang tamu kerap mencerminkan kepribadian si empunya rumah. Jadi, sebagai pemilik rumah, Anda tidak perlu ragu untuk selalu memoles serta menambahkan kreasi cantik di dalamnya. Pemilihan ukuran lampu pajangan biasanya antara 20%–30% dari luas ruangan di mana lampu hias tersebut bakal ditempatkan. Sementara untuk lampu hias dengan model gantung, jarak yang cukup ideal adalah 30 cm dari atas kepala.

Lampu pajangan yang bisa Anda hadirkan untuk memperindah ruangan, di antaranya lampu gantung yang sering digunakan di ruang tengah, lampu dinding, lampu meja atau table lamp, serta standing lamp yang biasanya diletakkan di sudut ruangan atau di atas furniture. Masing-masing jenis lampu pajangan memiliki kelebihan yang bisa disesuaikan dengan fungsi dan tampilan yang ingin diterapkan pada ruangan itu sendiri.

Lampu kristal masih menjadi lampu interior hias yang diminati sebagai unsur pemanis ruangan. Terlebih lagi dengan pancaran aura kemewahan dari kristalnya, membuat ruangan Anda berkesan elegan dan berkelas. Namun, jenis lampu hias lain juga masih mempunyai aura keindahan yang berbeda dan unik.

Banyaknya variasi lampu interior hias yang dihadirkan, bukan berarti lampu dinding tidak memiliki pesona tersendiri. Jenis lampu dinding sinarnya memberikan efek tertentu kepada benda atau ruangan yang disorot. Misalnya menciptakan suasana menjadi lebih nyaman. Bila hunian Anda bergaya klasik, lampu kristal bisa dipilih untuk melengkapi kemewahan dan kesan elegan di dalam ruangan.

Sementara untuk hunian bergaya minimalis lebih pas bila memakai table lamp dengan berbagai variasi yang bisa disesuaikan dengan ukuran meja. Untuk hunian minimalis, pilih model lampu base atau yang jenis kakinya lurus dan simpel yang terbuat dari besi, stainless, atau kayu, dengan kap lampu berwarna netral tanpa corak. Bentuknya pun lebih cenderung ke arah bulat atau kotak. Demi menjaga keindahan lampu hias Anda, ada cara sederhana untuk membersihkannya.

Anda cukup membersihkan dan mengelapnya dengan lap yang halus setiap hari. Untuk jenis lampu interior hias yang memiliki kap, cukup rendam kap menggunakan detergen dan langsung dikeringkan dengan menjemur atau menggunakan hairdryer secara merata.

Tips Merawat Lampu Hias

1. Perlu diingat, kain kap lampu sangat mudah menyerap debu. Oleh karena itu, sebaiknya kap lampu dibersihkan setiap dua minggu sekali.

2. Bersihkan kap lampu dengan air sabun. Kain kap dibasahi dan disikat dengan sikap berbulu lembut.

3. Jangan pernah merendam kap lampu dalam air sabun karena akan merusak kain.

4. Setelah dicuci, sebaiknya kap lampu dikeringkan secara alami.

5. Hindari pancaran sinar matahari langsung karena dapat merusak kain dan cat pada kayu.

SQUBIC  MEUBEL & INTERIOR – INTERIOR DESIGN | LIGHTING DESIGN | INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET DI JOGJA | FURNITURE JOGJA  Kami Team Squbic memberikan solusi dan masukan yang sesuai dengan konsep klien. Gunakan jasa kami dengan KLIK DISINI. Hubungi Kami di  081999960900 / 089530868777 | email : info@squbic.co.id