28
Aug

Tips Membersihkan Kaca Buram #1

TIPS MEMBERSIHKAN KACA BURAM #1

Tips Membersihkan Kaca Buram – Kaca adalah komponen rumah yang sangat penting. Iya, benar sekali karena jendela rumah sangat identik dengan kaca. Kaca jendela, atau kaca apapun pada rumah Anda sekarang banyak dengan model tampilan yang menarik dan cantik.

Tidak hanya model atau desain dari kaca itu sendiri yang harus diperhatikan, faktor kebersihan pun juga menjadi sangat penting untuk menciptakan hunian yang indah dan nyaman. Kaca yang tidak bersih tentu saja akan mengurangi jelasnya pemandangan di dalam rumah.

Oleh karena keberadaannya yang ada di hampir setiap rumah, kita pasti memiliki masalah yang sama terkait dengan kaca yakni noda yang menempel pada kaca hingga membuat kaca terlihat buram. Kelembaban udara pada kaca menjadi salah satu faktor penyebab debu dan kotoran dengan mudah menempel, sehingga menyebabkan kaca jendela menjadi tampak buram atau kusam.

Untuk kaca cermin sendiri, beberapa penyebab kaca cermin menjadi buram antara lain karena debu, noda tangan, bedak, ataupun cairan sabun mandi atau shampo yang mengering dan ditumbuhi jamur. Hal yang menyedihkan adalah noda-noda tersebut tidak cukup apabila hanya dibilas menggunakan air. Apalagi jika noda, kotoran, maupun jamur yang menempel pada kaca sudah lama tidak dibersihkan. Ini akan membuat kotoran tersebut semakin sulit untuk dibersihkan.

Lalu, bagaimanakah cara yang dapat kita gunakan untuk membersihkan kaca buram yang ada di rumah kita? Apakah bahan-bahannya mudah untuk ditemukan di sekitar kita? Berikut cara membersihkan kaca buram dengan menggunakan bahan-bahan yang banyak tersedia di sekitar Anda, yaitu:

1. Alkohol

Bahan umum pertama yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan kaca yang buram adalah alkohol. Sebaiknya Anda memilih alkohol dengan kadar 50%-90% yang dapat Anda temui di apotek terdekat. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yakni:

  • Tuangkan alkohol secukupnya pada kain lap yang lembut atau kapas.
  • Gosokkan kain lap yang telah diberi alkohol tersebut ke kaca yang buram.
  • Lap merata hingga seluruh bagian kaca bersih.
  • Setelah itu, lap kembali menggunakan kain lap yang bersih.

2. Pemutih pakaian

Selain menggunakan alkohol, Anda juga dapat menggunakan pemutih pakaian yang Anda miliki untuk membersihkan kaca yang sudah buram. Untuk cara penggunaan sendiri hampir sama dengan alkohol, yakni dengan menuangkannya ke lap yang berbahan lembut dan gosokkan ke seluruh permukaan kaca hingga bersih. Setelah itu, bersihkan kembali kaca menggunakan lap yang masih bersih hingga tidak ada lagi noda-noda yang tersisa.

3. Pembersih muka (Face Tonic)

Apabila Anda memiliki pembersih muka atau face tonic yang sudah tidak terpakai karena kadaluwarsa atau karena alasan lain, jangan dibuang terlebih dahulu. Sebab, Anda dapat memanfaatkan cairan pembersih muka ini untuk membersihkan kaca jendela dan cermin di rumah Anda. Caranya adalah dengan menuangkan pembersih wajah ke selembar kain yang akan digunakan untuk membersihkan kaca jendela maupun kaca cermin di rumah Anda. Gosokkan kain tersebut pada kaca hingga debu dan kotoran yang ada terangkat seluruhnya. Ulangi cara ini hingga kaca jendela dan kaca cermin terbebas dari noda

4. Pasta gigi

Udara yang terlalu lembab atau pengaruh dari uap panas yang disebabkan oleh pemakaian air panas untuk mandi dapat membuat kaca cermin di kamar mandi Anda menjadi buram. Namun, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan membersihkan kaca cermin menggunakan pasta gigi. Pertama-tama, oleskan pasta gigi pada permukaan cermin, khususnya pada bagian yang dipenuhi oleh kotoran. Kemudian diamkan selama kira-kira 15 menit. Setelah didiamkan, bersihkan sisa-sisa pasta gigi yang menempel pada kaca menggunakan selembar kain hingga bersih. Gosokkan kain tersebut kepada kaca hingga noda hilang sempurna dan kaca kembali bersih serta berkilau.

5. Bubuk kaporit

Bubuk kaporit biasanya digunakan untuk membunuh kuman yang berada di dalam air. Baik itu air sumur, air kolam renang, bahkan air dari dinas PDAM. Di samping itu, kaporit juga memiliki manfaat lain yakni untuk membersihkan kaca yang sudah buram. Caranya dengan mencampurkan kaporit dengan air hingga terbentuk cairan yang kental. Setelah kekentalannya dirasa cukup, oleskan larutan tersebut pada seluruh permukaan cermin. Kemudian basuh dengan air bersih dan usap kembali menggunakan kain bersih hingga benar-benar kering

SQUBIC  MEUBEL & INTERIOR – INTERIOR DESIGN | LIGHTING DESIGN | INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET DI JOGJA | FURNITURE JOGJA  Kami Team Squbic memberikan solusi dan masukan yang sesuai dengan konsep klien. Gunakan jasa kami dengan KLIK DISINI. Hubungi Kami di  081999960900 / 089530868777 | email : info@squbic.co.id