28
Aug

Tips Membersihkan Kaca Buram #2

TIPS MEMBERSIHKAN KACA BURAM #2

Tips Membersihkan Kaca Buram – Kaca adalah komponen rumah yang sangat penting. Iya, benar sekali karena jendela rumah sangat identik dengan kaca. Kaca jendela, atau kaca apapun pada rumah Anda sekarang banyak dengan model tampilan yang menarik dan cantik.

Tidak hanya model atau desain dari kaca itu sendiri yang harus diperhatikan, faktor kebersihan pun juga menjadi sangat penting untuk menciptakan hunian yang indah dan nyaman. Kaca yang tidak bersih tentu saja akan mengurangi jelasnya pemandangan di dalam rumah.

Oleh karena keberadaannya yang ada di hampir setiap rumah, kita pasti memiliki masalah yang sama terkait dengan kaca yakni noda yang menempel pada kaca hingga membuat kaca terlihat buram. Kelembaban udara pada kaca menjadi salah satu faktor penyebab debu dan kotoran dengan mudah menempel, sehingga menyebabkan kaca jendela menjadi tampak buram atau kusam.

Untuk kaca cermin sendiri, beberapa penyebab kaca cermin menjadi buram antara lain karena debu, noda tangan, bedak, ataupun cairan sabun mandi atau shampo yang mengering dan ditumbuhi jamur. Hal yang menyedihkan adalah noda-noda tersebut tidak cukup apabila hanya dibilas menggunakan air. Apalagi jika noda, kotoran, maupun jamur yang menempel pada kaca sudah lama tidak dibersihkan. Ini akan membuat kotoran tersebut semakin sulit untuk dibersihkan.

Lalu, bagaimanakah cara yang dapat kita gunakan untuk membersihkan kaca buram yang ada di rumah kita? Apakah bahan-bahannya mudah untuk ditemukan di sekitar kita? Berikut cara membersihkan kaca buram dengan menggunakan bahan-bahan yang banyak tersedia di sekitar Anda, yaitu:

6. Cuka makan

Tidak hanya dapat digunakan untuk menambah cita rasa ketika menyantap sejumlah makanan seperti bakso dan asinan, cuka makan ternyata juga merupakan bahan yang sangat efektif untuk membersihkan kaca di rumah kita. Cara pembuatannya pun sangat mudah, yakni cukup campurkan 2 sendok makan cuka dengan air yang kemudian tuangkan ke dalam botol semprot.

Selain menggunakan cuka, Anda juga dapat mencampurnya dengan air sabun. Caranya juga cukup sederhana, hanya dengan mencampurkan 2 ml sabun cair, 45 ml cuka makan, dan 500 ml air panas kemudian diaduk hingga merata. Setelah itu tuangkan ke dalam botol semprot dan larutan cuka beserta air sabun pun siap untuk digunakan.

Anda dapat mengaplikasikan bahan ini dengan menyemprotkan larutan ini ke bagian permukaan kaca, kemudian usap kaca dengan kain bersih dan kering. Apabila baunya terlalu menyengat menurut Anda, Anda dapat menggunakan masker hidung. Cara ini tepat untuk digunakan baik pada kaca jendela maupun kaca cermin.

7. Tepung maizena

Selain untuk kegiatan memasak, tepung ini juga sangat ampuh untuk membersihkan kaca jendela rumah. Caranya adalah dengan mencampurkan 45 gram tepung maizena dengan 125 ml air. Kemudian, celupkan kain ke dalamnya dan gosokkan pada kaca jendela rumah Anda. Awalnya, akan terbentuk lapisan tipis pada kaca jendela, lalu, gosok terus hingga kaca jendela tampak seperti baru lagi.

8. Air teh

Untuk membersihkan kaca yang buram, Anda juga bisa memanfaatkan limbah-limbah rumah tangga yang dapat dengan mudah ditemukan di rumah Anda. Salah satunya adalah ampas teh. Apabila teh celup dapat didinginkan di kulkas untuk kemudian digunakan sebagai kompres mata yang sembab atau juga bisa digunakan untuk scrub wajah, maka, ampas teh hitam juga dapat dimanfaatkan sebagai pembersih kaca.

Pertama-tama, seduh ampas teh hitam yang sudah tidak terpakai dengan 200 ml air bersih dan tambahkan cuka sebanyak 40 ml. Setelah itu, saring bahan-bahan tersebut dan tuang larutannya ke dalam botol spray. Pengaplikasiannya pun cukup mudah, yakni dengan menyemprotkan cairan tersebut pada kaca jendela, kaca lemari, ataupun kaca cermin di rumah Anda. Usap dengan kain yang bersih dan kering kemudian kaca di rumah Anda akan kembali bersih.

9. Lemon

Selain menggunakan bahan-bahan di atas, Anda juga dapat memanfaatkan bahan alami sebagai cairan penghilang noda di kaca. Sama seperti cuka, lemon juga mengandung cairan asam yang sifatnya dapat menghilangkan noda membandel. Caranya, Anda dapat mencampurkan jus lemon dengan air hangat, kemudian semprotkan pada kaca yang hendak dibersihkan. Dengan demikian, noda di kaca yang buram akan hilang seketika.

10. Kapur Tulis

Kapur tulis banyak digunakan di ruang gelas yakni sebagai media bagi guru untuk menulis di papan tulis. Selain itu, kapur tulis juga sering dibuat untuk bermain oleh anak-anak. Namun, ternyata, kapur tulis memiliki kegunaan lain yakni membersihkan kaca yang kotor, buram, dan kusam. Anda dapat menggunakan kapur tulis yang berwarna putih (bukan yang warna warni) sekitar 5-10 batang. Siapkan air bersih di dalam baskom kecil, lalu celupkan kapur-kapur tersebut ke dalam air. Gunakan kapur yang sudah basah tadi dengan menggosok-gosokkannya ke permukaan kaca. Kemudian, bersihkan sisa kapur yang masih melekat menggunakan koran bekas yang telah dibasahi. Setelah itu, usap lagi menggunakan koran bekas yang masih kering.

12. Tembakau

Di samping kegunaan utamanya yakni sebagai bahan dasar rokok, tembakau juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan baik kaca jendela maupun kaca cermin yang ada di rumah Anda. Tidak perlu tembakau yang mahal, tembakau berkualitas rendah atau bahkan limbah daun tembakau pun dapat digunakan. Cara penggunaannya sangat mudah, yakni dengan merendam sekitar 200 gram daun tembakau ke dalam air selama 30 menit. Kemudian, gunakan air rendaman tembakau tersebut untuk membersihkan kaca jendela, kaca cermin, maupun kaca lemari di rumah Anda. Terakhir, bersihkan dengan kain bersih yang masih kering hingga seluruh tembakau yang ikut melekat di permukaan kaca menjadi bersih.

Demikianlah beberapa cara membersihkan kaca buram di rumah. Begitu Anda selesai membersihkan kaca di rumah Anda, usahakan untuk selalu mengeringkan kaca hingga kering sempurna. Anda dapat mengeringkannya dengan mengelapnya menggunakan kain lap lembut yang meresap air. Atau apabila Anda tidak ingin repot, cukup keringkan menggunakan kipas angin hingga benar-benar kering.

Pada dasarnya, banyak sekali alternatif lain untuk membersihkan kaca rumah yang buram. Tidak harus menggunakan cairan pembersih kaca, Anda pun dapat memanfaatkan bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas sebagai bahan pengganti cairan pembersih kaca. Beberapa bahan mungkin banyak tersedia di rumah Anda sehingga Anda tidak perlu lagi membeli cairan pembersih kaca.

Banyak faktor yang menyebabkan kaca menjadi tampak buram. Sebenarnya cukup sulit untuk menjaga kebersihan kaca itu sendiri, kecuali dengan membersihkannya secara rutin setiap hari. Dengan membersihkan kaca secara rutin, Anda dapat mengurangi resiko bahwa kaca di rumah Anda memiliki noda yang semakin sulit dibersihkan. Tips mudah untuk Anda membersihkan kaca sehari-hari yakni dengan mengelapnya secara rutin, minimal 2 hari sekali menggunakan sulak. Lalu, setiap akhir pekan, Anda dapat memanfaatkan waktu luang Anda untuk membersihkan kaca-kaca di rumah Anda menggunakan bahan-bahan yang telah disebutkan di atas. Dengan demikian, hal ini akan menjaga kaca di rumah Anda tetap bersih dan tidak buram.

SQUBIC  MEUBEL & INTERIOR – INTERIOR DESIGN | LIGHTING DESIGN | INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET DI JOGJA | FURNITURE JOGJA  Kami Team Squbic memberikan solusi dan masukan yang sesuai dengan konsep klien. Gunakan jasa kami dengan KLIK DISINI. Hubungi Kami di  081999960900 / 089530868777 | email : info@squbic.co.id