03
Sep

Cara Menata Ruang Panjang dan Sempit

CARA MENATA RUANG PANJANG DAN SEMPIT

Cara Menata Ruang Panjang dan Sempit – Pasti diantara kalian mempunyai bentuk rumah yang cukup unik, mengapa unik? unik disini dalam artian berbentuk panjang dan sempit. Otomatis hal ini akan menyebabkan kita kesusahan dalam menatanya, terutama menata perabotan yang didalamnya.

Cara Menata Ruang Panjang dan Sempit

1. Area sirkulasi pada satu sisi

Salah satu kesulitan utama dalam mengatur furnitur untuk ruang yang panjang dan sempit adalah area sirkulasi. Satu hal yang harus dihindari adalah menempatkan kursi atau meja di area tersebut sehingga menghalangi ruang gerak Anda.

Desain ruang tamu panjang dan sempit by CATO Creative (Sumber: designtrends.com)

Penempatan pintu dan skylight memberikan kesan lapang sekaligus menegaskan jalur sirkulasi, dengan furnitur berada pada salah satu sisi ruangan.

Penempatan karpet yang tepat juga dapat menegaskan area sirkulasi yang cukup lebar untuk membiarkan orang berjalan di atasnya. Bila karpet menghalangi separuh area sirkulasi sehingga Anda harus menginjaknya ketika harus lewat, tentu benar-benar mengganggu, bukan? Bila perlu, tempatkan karpet custom untuk tujuan ini. Seperti gambar di atas, area sirkulasi dipisahkan secara khusus dengan tata letak karpet dan furnitur, yang menyesuaikan desain plafon unik

Ruang ini menggunakan prinsip yang sama, tetapi kali ini furnitur membelakangi area sirkulasi. Anda memerlukan ruang yang sedikit lebih luas untuk tujuan ini. Mempertahankan area sirkulasi terbuka pada salah satu sisi ruangan secara efektif menciptakan sebuah lorong dengan ruang tamu pada satu sisi.

 

 

2. Penataan sudut

Tempatkan furnitur dalam susunan sudut dengan ruang yang tersisa untuk area sirkulasi. Penempatan sudut ini memisahkan zona khusus ruang tamu dengan area sirkulasi sehingga orang tidak akan lalu-lalang di sekitarnya. Jendela panel kaca pada dinding juga memberikan sentuhan yang bagus di ruang sempit karena secara visual dapat mengubah bentuk ruang menjadi lebih lapang.

Ide ruang tamu sudut Bourke House by Kreis Grennan Architecture (Sumber: designtrends.com)

 

Anda juga bisa menempatkan furnitur pada sudut seperti gambar ini. Pintu terbuka di sebelah kiri dan orang bebas lalu-lalang di area sirkulasi. Hindari menambahkan terlalu banyak tempat duduk agar tidak menghalangi area sirkulasi.

Ruang tamu Westwood Residence by Jeff Troyer Associates (Sumber: designtrends.com)

 

Ingin coba ide lain dengan prinsip sudut? Pada ruang ini, furnitur ditempatkan di sudut membelakangi area sirkulasi. Cara ini memungkinkan orang bebas lalu-lalang di area sirkulasi tanpa mengganggu tamu yang sedang berkunjung.

Ide ruang tamu memanjang by Charles Todd Helton Architect, Inc. (Sumber: designtrends.com)

 

3. Tegak lurus

Di ruangan ini, letak furnitur tegak lurus menyesuaikan panjang ruangan, dengan ruangan yang tersisa untuk area sirkulasi sehingga membuat ruangan ini terlihat lapang.

Dekorasi ruang tamu by Spruce Interior (Sumber: designtrends.com)

 

Penempatan dua kursi, tanaman dan lukisan di ujung ruangan membantu membatasi panjang ruangan sehingga ruangan ini tidak berkesan terlalu panjang dan membosankan.

Dekorasi ruang tamu Kembang Murni House by RAW Architecture (Sumber: arsitag.com)

 

4. Tata letak miring

Untuk mengurangi kesan seperti terowongan, cobalah penataan beberapa furnitur dengan sudut kemiringan tertentu. Penataan ini dapat membatasi panjang ruangan sehingga tidak berkesan seperti lorong panjang yang membosankan.

Ide dekorasi ruang tamu (Sumber: designtrends.com)

 

Penempatan sofa dengan kemiringan tertentu pada satu sisi ruangan akan membuat ruangan tampak lebih lapang dan tidak terkesan panjang. Prinsip ini juga membantu membatasi area fungsional yang berbeda.

Ide tata letak miring pada ruang tamu (Sumber: archinspire.pro)

 

Menempatkan loveseat dengan desain custom yang cantik ini akan membantu mematahkan kesan terowongan pada ruang tamu yang panjang ini.

Ide tata letak miring pada ruang tamu (Sumber: archinspire.pro)

 

Perhatikan penempatan love seat tersebut di ujung yang lain. Selain menciptakan area fungsional yang berbeda dengan susunan dua kursi miring yang saling berhadapan ini membuat ruangan terasa lebih luas.

Ide tata letak miring pada ruang makan (Sumber: rssnews.us)

Anda juga bisa menerapkan prinsip tata letak miring ini pada ruang makan. Di ruangan yang menampung ruang duduk dan ruang makan ini, meja makan dengan kursi yang ditata miring dapat membantu mengurangi kesan ruang yang panjang dan sempit.

Ide desain ruang tamu by Portico Design Group (Sumber: archinspire.pro)

 

5. Pilihan meja yang pas

Mungkin Anda tidak memiliki ruang untuk meja bulat. Meja persegi panjang ini sangat cocok untuk ruang sempit sehingga Anda tidak akan menghabiskan banyak ruang.

Ide meja ottoman pada ruang tamu sempit (Sumber: forestdefensenow.org)

 

Bangku kecil, ottoman, meja kotak atau meja chow cocktail pendek adalah pilihan yang sangat sempurna untuk meja di ruang yang sempit. Perhatikan penggunaan bangku ottoman yang bisa sekaligus berfungsi sebagai meja. Ide ini sangat bagus untuk semua ruang kecil.

Ide ruang tamu sempit (Sumber: blog.louielighting.com)

 

6. Rak tempel

Gunakan bagian atas dinding Anda untuk memaksimalkan ruang lantai untuk furnitur. Tempatkan rak-rak tempel yang cukup tinggi dan Anda dapat memanfaatkan ruang di bawahnya.

Ide rak tempel ruang tamu (Sumber: apartmenttherapy.com)

SQUBIC  MEUBEL & INTERIOR – INTERIOR DESIGN | LIGHTING DESIGN | INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET DI JOGJA | FURNITURE JOGJA Kami Team Squbic memberikan solusi dan masukan yang sesuai dengan konsep klien. Gunakan jasa kami dengan KLIK DISINI. Hubungi Kami di  081999960900 / 089530868777 | email : info@squbic.co.id