21
Nov

Cara Benar Bersihkan Gorden

Cara Benar Bersihkan Gorden

Cara Benar Bersihkan Gorden –  Gorden merupakan salah satu benda yang sering terlupakan untuk dibersihkan. Pekerjaan membersihkan dan mencuci gorden merupakan pekerjaan yang berat dan sering terlupakan. Ukurannya yang besar dan bahannya yang besar dan berat sering membuat kita malas untuk membersihkannya. Padahal seharusnya gorden dicuci secara berkala tiga bulan sekali atau minimal enam bulan sekali.

Apalagi posisi gorden di depan ventilasi membuatnya menjadi sarang debu. Jika gorden dibiarkan terus-menerus akan menjadi sarang penyakit, terutama jika ada anggota keluarga Anda yang memiliki riwayat asma atau alergi debu.

Untuk membuat gorden rumah tetap bersih ada beberapa cara praktis untuk mencuci gorden sehingga bisa lebih hemat tanpa perlu membawanya ke laundry. Berikut tipsnya.

Kenali bahan gorden

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu memeriksas jenis gorden. Tidak semua bahan gorden dapat dicuci menggunakan mesin cuci. Gorden dari bahan katun, polister atau satun yang ringan pada umumnya dapat dicuci menggunakan mesin cuci.

Sementara untuk bahan beludru atau organza agak rentan menggunakan mesin cuci atau membutuhkan pengaturan khusus saat dicuci dengan mesin.

Bersihkan dahulu

Sebelum dicuci, bersihkan dahulu gorden dari debu menggunakan vacuum cleaner. Bersihkan dari arah atas ke bawah menghindari debu jatuh ke bagian yang telah di bersihkan. Anda juga bisa membersihkan dengan kemoceng atau lap basah.

Agar lebih mudah, bersihkan saat gorden masih menggantung. Bersihkan kedua sisi gorden karena bagian belakang tak lepas dari kotoran. Hindari membersihkan menggunakan lap basah untuk gorden berwarna terang.

Gorden Tebal

Gorden tebal dapat Anda cuci dengan mesin. Saat mencuci gorden jangan campurkan dengan pakaian lain. Gunakan deterjen yang lembut dan hindari menggunakan air panas yang berpotensi merusak gorden.

Untuk mesin cuci bukaan atas gunakan deterjen yang menghasilkan busa banyak, sedangkan jika menggunakan mesin cuci bukaan depan gunakan deterjen yang menghasilkan busa sedikit. Setelah dicuci lakukan tiga kali pembilasan. Terakhir rendam menggunakan pewangi.

Poni gorden

Jika gorden Anda memiliki bagian poni sebaiknya cuci secara terpisah. Jika poni gorden memiliki rumbai-rumbai yang panjang sebaiknya Anda cuci secara manual untuk menghindari kerusakan.

Gorden Tipis

Untuk mencuci gorden tipis Anda bisa melakukan pencucian manual. Caranya rendam dahulu gorden selama 30 menit hingga kotoran terangkat. Anda bisa menambahkan sedikit cuka untuk membuat gorden lebih bersih.

Lalu cuci secara manual dan gosok dengan lembut. Setelah dicuci bilas kurang lebih tiga kali agar bersih. Lalu tambahkan pewangi agar harum.

Teknik Pengeringan

Untuk pengeringan sebaiknya tidak dilakukan menggunakan pengering mesin cuci karena akan merusak bahan gorden. Keringkan gorden yang telah dicuci dengan cara langsung di jemur, tetapi tidak di bawah sinar matahari langsung.

Untuk poni gorden sebaiknya dijemur dengan posisi sama saat poni gorden terpasang sehingga tidak mengubah bentuk poni, benang, atau renda-renda.

SQUBIC  MEUBEL & INTERIOR – INTERIOR DESIGN | LIGHTING DESIGN | INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET DI JOGJA | FURNITURE JOGJA Kami Team Squbic memberikan solusi dan masukan yang sesuai dengan konsep klien. Gunakan jasa kami dengan KLIK DISINI. Hubungi Kami di  081999960900 / 089530868777 | email : info@squbic.co.id