14
Jan

Waspada Bahaya Pengharum Ruangan

home interior jogjaWASPADA BAHAYA PENGHARUM RUANGAN

Pengharum Ruangan – Seperti yang kita ketahui, bahwa pengharum ruangan berfungsi sebagai memberikan kesan wangi pada ruangan Anda. Selain itu juga akan menghilangkan bau apek ruangan. Namun selain kelebihannya, pengharum ruangannya ternyata memiliki beberapa efek bahaya yang perlu Anda ketahui dan harus diwaspadai. Baca juga : Home Interior Jogja

Bahaya Pengharum Ruangan Bagi Kesehatan

Saat ini setidaknya hampir 75% rumah di dunia menggunakan produk pengharum ruangan. Namun tahukah anda bahwa dibalik kesegaran dan wanginya udara yang diberikan oleh pengharum ruangan ini juga memiliki bahaya bagi kesehatan tubuh? ya, faktanya pengahrum ruangan ini memang berbahaya bagi kesehatan tubuh karena di dalamnya terdapat berbagai zat kimia seperti asetaldehida, chlorbenzene, asetaldehida, benzene, paradichlorobenze dan juga formaldehyde. Hal ini sesuai dengan yang dilansir oleh greendivamom. Ternyata bukan hanya itu saja lho, di dalam pengharum ruangan juga terdapat senyawa organic volatile yang memiliki jenis VOC atau Volatil Organic Compound dimana senyawa ini juga terdapat pada produk cat tembok, kayu dan sebagainya.

Bahaya Pengharum Ruangan

Nah karena ada beberapa kandungan zat dan senyawa yang sangat tidak ramah bagi kesehatan manusia maka apabila menghirup udara yang telah diberikan pengharum ruangan ini terutama jika ruangan memiliki uap dan tidak banyak lubang ventilasi maka akan menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan tubuh seperti berikut ini:

  1. Sakit Kepala

Terlalu banyak menghirup udara yang mengandung banyak zat berbahaya akan membuat sakit kepala bagi para penggunanya karena kinerja oksigen di dalam tubuh tidak sehat dan telah bercampur dengan zat lain sehingga membuat sakit kepala dan hal ini sangat berbahaya jika terjadi pada jangka waktu yang panjang apalagi jika anak-anak yang menghirupnya.

  1. Gelisah

Anda sering mengalami gelisah dan cemas padahal anda merasa baik-baik saja dan tidak sakit? Itu mungkin disebabkan karena anda menghirup udara yang mengandung zat berbahaya bagi tubuh dan pada saat masuk ke dalam jaringan di otak akan membuat kesulitan konsentrasi dan pada akhirnya akan menjadi gelisah dan cemas tanpa ada sebab yang jelas.

  1. Kepala sering pusing

Tidak jauh berbeda dengan sakit kepala hanya saja kalau pusing bersifat sementara saja dan ini harus segera diobati. Sebaiknya para pengguna untuk mengurangi penggunaan dari pengharum ruangan ini supaya tidak mudah pusing dan sakit kepala.

  1. Tremor

Bahaya yang ditimbulkan dari pengharum ruangan lainnya adalah munculnya tremor atau gemetaran di tubuh terutama pada bagian tangan dan kaki. Tremor ini disebabkan karena adanya kesalahan jaringan antara jaringan pusat di otak dan juga jaringan yang diperintahkan. Jangan anggap sepele dengan tremor karena bisa jadi mengindikasikan adanya penyakit lainnya yang lebih serius lagi.

  1. Kelelahan

Anda juga bisa mengalami kelelahan padahal anda tidak melakukan aktivitas yang berat. Kelelahan ini terjadi begitu saja dan tanpa ada sebab yang jelas. Hal ini jelas akan terjadi karena oksigen di dalam tubuh tidaklah sehat sehingga membuat energi tubuh menjadi lebih mudah terganggu.

  1. Mual dan Muntah

Lebih parahnya lagi jika anda menggunakan pengharum ruangan dalam jangka panjang dapat membuat mual dan muntah dalam intesitas waktu yang sangat sering. Tentunya ini akan mengganggu aktivitas anda bukan?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh National Research Defense Council serta penelitian yang dilakukan oleh university of California pada tahun 2006 menunjukkan hasil bahwa penggunaan pengharum ruangan dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan kelainan bawaan hormonal, masalah pada reproduksi dan juga cacat mental dan fisik pada bayi yang baru lahir. Belum selesai hanya itu saja, menurut penelitian lainnya yang telah dilakukan juga menunjukkan jika menggunakan pengharum ruangan, pembersih kamar mandi dan juga penghilang jamur juga meningkatkan resiko terkena penyakit kanker payudara pada wanita.

University of Bristol juga melakukan penelitian dan menunjukkan hasil bahwa bayi yang sudah terpapar pengharum ruangan akan cenderung lebih sering mengalami diare dan infeksi pada telingan mereka dibandingkan dengan bayi yang tidak terpapar oleh pengharum ruangan. Selain itu ibu mereka juga akan lebih beresiko mengalami sakit kepala dan lebih parahnya lagi akan mengalami depresi terutama pada saat pasca melahirkan.

SQUBIC  MEUBEL & INTERIOR – INTERIOR DESIGN | LIGHTING DESIGN | INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET DI JOGJA | FURNITURE JOGJA Kami Team Squbic memberikan solusi dan masukan yang sesuai dengan konsep klien. Gunakan jasa kami dengan KLIK DISINI. Hubungi Kami di  081999960900 / 089530868777 | email : info@squbic.co.id