25
Jan

Konsep Rumah Hunian Loft

home interior jogjaKONSEP RUMAH HUNIAN LOFT

Home Interior Jogja – Mungkin bagi kita orang awam sangatlah buta dengan konsep-konsep dan desain rumah bukan? Pernahkah Anda mendengar konsep ruangan loft? Konsep desain ini digunakan bertujuan agar ruangan terlihat lapang karena seperti yang kita ketahui jika di kota-kota sudah sangat terbatas lahan.

Konsep Rumah Loft

Mungkin akhir-akhir ini anda sering mendengar atau membaca bahwa terdapat apartemen ataupun hunian tapak dengan konsep Loft. Seperti apa sebenarnya konsep desain Loft ?

Dan, bagaimana ciri-ciri salah satu gaya rancangan yang kini kian dilirik oleh masyarakat perkotaan, seperti Jakarta ?

Sangat diperlukan kreativitas dari para penggemar loft. Menambahkan elemen dekoratif seperti lampu baca, kursi, meja dan tanaman maupun lukisan, bisa memberikan aksentuasi lembut dan nyaman pada interior hunian. (Foto: www.idesignarch.com)

Hunian berkonsep desain Loft muncul dari bekas bangunan industri atau bangunan komersil. Ide desain tersebut lahir di Benua Eropa sebagai cara memanfaatkan kembali fungsi bangunan lama.

Dengan merenovasi interior bangunan gedung lama secara ekstrim, maka fungsi bangunan tersebut berubah secara total menjadi hunian apartemen.

Ciri khas gaya interior Loft memiliki ceiling atau langit-langit ruangan yang tinggi. Dengan area lantai 1 dan lantai 2 dipisahkan oleh tangga dengan perbedaan. Biasanya, jarak lantai 1 ke lantai 2 kurang dari tiga meter.

Rancangan bangunan Loft ini hampir mirip dengan elemen mezzanine pada desain interior bergaya modern. Muncul dari bangunan bekas pabrik atau bangunan komersil lama lainnya, konsep interior Loft memiliki struktur eksterior dan interior yang khas. Baca juga : Home Interior di Jogja

Konsep hunian Loft mengedepankan aspek keterbukaan, sehingga dapat memberikan akses pencahayaan alami dan sirkulasi udara secara optimal.

Rancangannya, didominiasi oleh penggunaan material besi, baja, beton dan batu bata ekspos. Dengan penggunaan material-material tersebut, nuansa maskulin, gagah serta terkesan kuat amat terasa pada nuansa konsep desain tersebut. Gaya industrial begitu terasa pada interior dengan konsep hunian tersebut.

Konsep Loft memiliki interior yang nyaris tanpa sekat dan cenderung fleksibel dalam pembagaian ruangnya, menjadikan konsep desain hunian initerasa lapang dan memiliki sirkulasi udara yang maksimal.

Sangat diperlukan kreativitas dari para penggemar loft. Menambahkan elemen dekoratif seperti lampu baca, kursi, meja dan tanaman maupun lukisan, bisa memberikan aksentuasi lembut dan nyaman pada hunian berkonsep Loft.

Konsep hunian ini sangat cocok diaplikasikan pada daerah tropis, seperti di Indonesia. Karena, desainnya yang mampu mengoptimalkan pencahayaan dan sirkulasi udara alami. Oleh karena itu, konsep desain ini menjadi alternatif yang bisa diterapkan di kawasan perkotaan.

SQUBIC  MEUBEL & INTERIOR – INTERIOR DESIGN | LIGHTING DESIGN | INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET DI JOGJA | FURNITURE JOGJA Kami Team Squbic memberikan solusi dan masukan yang sesuai dengan konsep klien. Gunakan jasa kami dengan KLIK DISINI. Hubungi Kami di  081999960900 / 089530868777 | email : info@squbic.co.id