07
Feb

Penyebab AC Tidak Dingin dengan Maksimal

home interior jogjaPENYEBAB AC TIDAK DINGIN DENGAN MAKSIMAL

Home Interior Jogja – Salah satu cara untuk mengatasi suatu ruangan yang panas adalah dengan menambahkan ruangan tersebut dengan kipas angin atau AC. Namun yang sering menjadi kendala pada ruangan dan AC Anda ini adalah ruangan tidak dingin maksimal. Lantas apa sih penyebab dari AC Tidak dingin ini?

Penyebab AC Tidak Dingin

1. Pengaturan remote AC yang kurang sesuai

ac nggak dingin

Penyebab AC nggak dingin bisa datang dari pengaturan remote AC kamu sendiri. Jika kamu salah mengatur mode-nya, bisa saja udara yang keluar dari AC kamu malah nggak dingin.

Untuk mengatasinya, kamu harus mengatur mode di remote AC pada mode auto ataupun cool. Dengan begitu, hembusan udara sejuk akan menjadi lebih kencang dari sebelumnya. Selain itu, kamu juga bisa mengatur fan atau kipas AC kamu ke level maksimal supaya hembusan angin menjadi lebih kencang.

2. Kapasitas pendinginan AC nggak sesuai dengan luas ruangan

ac nggak dingin

Ternyata kapasitas pendinginan AC itu berbeda-beda lho. Kalau kamu nggak menyesuaikan kapasitas pendinginannya dengan luas kamar atau ruangan kamu, bisa jadi hal itu menyebabkan AC nggak dingin walaupun sudah sering dicuci atau dirawat.Jika kamu memiliki ruang kamar berukuran 3×3 m2, sangat disarankan untuk menggunakan AC dengan daya setengah PK. Sedangkan jika ukuran ruang kamar sekitar 6×6 m2, kamu disarankan untuk menggunakan AC dengan daya 2 PK.

3. Tegangan listrik nggak stabil

ac nggak dingin

Penyebab ketiga mengapa AC nggak dingin walaupun sering dicuci adalah tegangan listrik yang nggak stabil. AC sendiri memiliki tegangan yang lebih besar dibandingkan peralatan elektronik lainnya. Sehingga tegangan listrik yang nggak stabil dapat mempengaruhi kinerja AC.
Namun kamu nggak usah khawatir, tinggal menunggu tegangan listrik normal kembali, maka secara otomatis AC akan kembali dingin.

4. Tekanan freon AC kurang

ac nggak dingin

Sebagai zat yang mengandung titik didih yang sangat rendah, freon bermanfaat sebagai bahan pendingin seperti AC dan kulkas. Oleh karena itu, freon yang kurang atau bahkan habis menjadi salah satu penyebab AC nggak dingin.

Sebenarnya freon hanya perlu diisi sekitar 4-5 tahun sekali saja. Namun jika AC kamu harus sering diisi freonnya, mungkin ada penyebab lain seperti pipa freon yang bengkok/patah sehingga menyebabkan freon bocor. Jika umur AC kamu masih terbilang cukup baru namun freonnya sering habis, kamu perlu memeriksa ada atau tidaknya kebocoran pada pipa freon.

Jika ternyata ada gelembung pada pipa yang telah dilumuri air sabun, ini berarti pipa freon kamu bocor. Cara lainnya adalah dengan melihat apakah ada oli yang merembes dari pipa maupun unit AC. Jika ada, berarti pipa freon kamu harus segera diperbaiki.

5. Kondisi ruangan

ac nggak dingin

Kondisi ruangan juga bisa menjadi salah satu penyebab AC nggak dingin. Jika ruangan tempat AC dipasang sering terpapar sinar matahari langsung atau terbuat dari tembok campuran semen dan pasir, ruangan akan menjadi lebih panas sehingga berpengaruh pada kinerja AC.

Jika ternyata ruangan kamu kurang mendukung AC untuk mendapatkan hasil optimal, maka cobalah untuk menurunkan suhu AC atau mengganti AC kamu dengan kapasitas pendingin yang lebih besar.

6. Peletakan mesin AC di tempat yang sempit

ac nggak dingin

Mesin AC biasanya diletakkan di luar ruangan. Namun, jika kamu meletakkan mesin AC di ruangan outdoor yang sempit, kompresor AC akan menjadi mudah panas dan rusak. Hal ini bisa mengganggu kinerja AC sehingga menyebabkan AC nggak dingin.

Solusinya adalah dengan meletakkan mesin AC pada di luar ruangan yang terbuka dan pastikan memiliki jarak minimal 60 cm dari tembok pada setiap sisinya.

7. Kompresor rusak

 

ac nggak dingin

Kompresor yang rusak dapat menyebabkan AC nggak dingin. Sebagai komponen utama, kompresor berfungsi untuk mengatur sirkulasi freon dari unit AC outdoor ke indoor dan kembali lagi ke outdoor. Kompresor yang tua dapat mengalami karat atau aus yang menyebabkan kebocoran pada kompresor itu sendiri.

Disamping itu, ampere kompresor yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan kerusakan pada kompresor. Jika ampere terlalu tinggi, kompresor akan menjadi mudah panas. Hal ini mengakibatkan kompresor lebih sering berhenti untuk mendinginkan suhunya.

Solusi untuk mengatasi kompresor rusak adalah dengan mengganti kompresor dengan yang baru dan sesuai dengan kapasitasnya. Jika ternyata usia AC kamu sudah lebih dari 10 tahun, kamu bisa langsung mengganti unit AC outdoor agar lebih hemat.

SQUBIC  MEUBEL & INTERIOR – INTERIOR DESIGN | LIGHTING DESIGN | INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET DI JOGJA | FURNITURE JOGJA  Kami Team Squbic memberikan solusi dan masukan yang sesuai dengan konsep klien. Gunakan jasa kami dengan KLIK DISINI. Hubungi Kami di  081999960900 / 089530868777 | email : info@squbic.co.id