27
Mar

Cara Menata Lampu Pencahayaan Kamar

home interior jogjaCARA MENATA LAMPU PENCAHAYAAN KAMAR

Home Interior Jogja – Sedang booming-boomingnya bukan tidur dengan menggunakan lampu tidur atau dengan kondisi kamar yang tidak telalu terang. Tidur dengan lampu utama sudah mulai ditinggalkan. Karena tidur dengan lampu minim dinilai lebih sehat untuk tubuh kita. Maka dari itu, yuk sulap kamar mu dengan penataan lampu pencahayaan pada kamar Anda dengan tepat.

Pemilihan Sinar atau Cahaya Lampu

Pencahayaan desain interior kamar tidur

Pemilihan sinar atau cahaya lampu ini berdasarkan pemahaman setiap cahaya mampu memberikan kesan dan nuansa yang berbeda pada sebuah ruangan, termasuk kamar tamu. Sebagai contoh, sinar kuning akan memberi kesan hangat dan nyaman.

Sebaliknya kesan, gerah akan tercipta pada sinar cahaya warna merah. Sementara itu untuk menampilkan kesan romantis Anda dapat memadukan warna biru atau hijau dengan warna samar putih. Intinya, perhatikan warna sinar atau cahaya sesuai dengan kesan yang ingin akan Anda munculkan.

Pilihlah Lampu Hemat Energi untuk Pencahayaan Desain Interior Kamar Tidur

lampu kamar tidur

Anda pernah merasakan lampu TL dengan lampu bohlam? Kedua jenis lampu tersebut memang terasa memberi rasa yang berbeda. Lampu TL selain cahaya putih yang dipancarkan, dia tidak memancarkan panas. Berbeda dengan lampu bohlam, selain pancaran cahayanya tidak nyaman, lampu jenis ini memancarkan panas, sehingga terasa tidak nyaman apalagi kondisi cuaca sedang panas.

Selain itu lampu bohlam termasuk lampu yang boros energi dan membuat AC tidak dapat bekerja dengan sempurna. Karenanya Anda perlu memilih lampu yang hemat energi. Jangan lupa melengkapi lampu dengan sistem dimmer, sebuah sistim yang dapat mengatur intensitas cahaya sehingga Anda dapat mengatur kekuatan cahaya sesuai dengan kebutuhan.

Optimalkan Imajinasi pada Pencahayaan Desain Interior Kamar Tidur

memilih lampu kamar tidur

Ini mungkin terdengar asing. Masak menata pencahayaan dalam desain interior kamar tidur harus mengoptimalkan imajinasi. Hehehe, jangan salah. Yang dimaksud mengoptimalkan imajinasi adalah mengerahkan kemampuan kreativitas dalam menata pencahayaan lampu dalam kamar tidur.

Sebagai contoh, Ketika Anda akan menciptakan kesan romantis melalui pencahayaan dalam kamar tidur. Anda perlu menempatkan lampu tidak langsung (indirect lamp) di bebera sisi tersembunyi dalam kamar tidur Anda. Sinar lampu yang keluar akan menciptakan kesan romantis dalam ruangan. Apalagi dipadu dengan elemen interior kamar tidur yang memang sudah ditata untuk menciptakan kesan tersebut.

Optimalkan Fungsi Lampu sebagai Focal Point

fokus dengan pencahayaan desain interior kamar tidur

Kehadiran lampu dalam desain interior kamar tidur juga dapat Anda optimalkan sebagai aksen atau focal point. Lampu menjadi daya tarik tersendiri dalam ruangan sehingga akan memanjakan pandangan mata siapapun yang melihatnya.

Selain bentuk lampu, Anda pun dapat menata gradasi lampu sehingga ruangan menjadi kelihatan lebih hidup. Untuk itu Anda dapat menempatkan lampu di bagian atas ranjang (headboard) atau di kanan kiri bawah perabot built in yang ada dalam ruangan tersebut.

Pilih Kap Lampu Sesuai dengan Tema Desain Interior Kamar Tamu

kap lampu

Untuk menjaga keutuhan dan kepaduan desain interior kamar tidur, Anda perlu mensetting pencahayaan sesuai dengan tema desain interior kamar tidur Anda. Karena, apapun yang Anda aplikasikan dalam desain interior kamar tidur Anda harus senantiasa mempertimbangakan keutuhan, keseimbangan dan keindahan keseluruhan elemen desain interior, sehingga tema yang Anda usung menjadi lebih menonjol.

Terima kasih sudah mengunjungi website kami Home Interior Jogja. Semoga bermanfaat dan sukses selalu 🙂

SQUBIC  MEUBEL & INTERIOR – INTERIOR DESIGN | LIGHTING DESIGN | INTERIOR JOGJA | KITCHEN SET DI JOGJA | FURNITURE JOGJA Kami Team Squbic memberikan solusi dan masukan yang sesuai dengan konsep klien. Gunakan jasa kami dengan KLIK DISINI. Hubungi Kami di  081999960900 / 089530868777 | email : info@squbic.co.id